Project Overview
Untuk mengetahui model strategi komunikasi pemasaran pariwisata, yang dilakukan oleh Disparbud Kabupaten Pangandaran saat ini, buku ini menyajikan media informasi yang dikelola, pencapaian hasil kerja, dan hambatan yang dihadapi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam strategi komunikasi pemasaran tersebut, digunakanlah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik analisis induktif.
Subjek dalam buku meliputi pihak Disparbud Kabupaten Pangandaran (Bidang Bina Usaha dan Pemasaran Kepariwisataan Bagian Promosi, Bidang Destinasi Kepariwisataan Bagian Pengelolaan Kepariwisataan, Bagian Informasi dan Data) serta mitra kerja Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar). Selain itu, ada juga informan pendukung lainnya, seperti pengusaha pondok penginapan; pramuwisata; dan wisatawan.
Adapun objek dalam buku ini adalah segala bentuk aktivitas dan interkasi dalam marketing komunikasi pariwisata. Pemerolahan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Semua data diuji keabsahannya melalui metode triangulasi sumber data.
Buku ini pun akhirnya dapat menyajikan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran mengelola berbagai bentuk komunikasi pemasaran. Ditemukan adanya pemetaan positioning yang tepat oleh bagian Humas Disparbud, kemudian adanya penggunaan advertising yang didominasi oleh iklan luar dan media elekrtonik, kegiatan event-event wisata yang terjadwal, serta kerja sama yang baik dengan mitra Kompepar sebagai penggerak wisata yang berasal dari masyarakat setempat. Dalam konteks ini, internet merupakan media utama yang digunakan Disparbud. Selain itu ditemukan juga adanya kegiatan personal selling dan mouth to mouth.