Buku ini hadir sebagai panduan komprehensif bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan menulis kritis yang aplikatif, khususnya dalam konteks penulisan artikel ilmiah bertema medis. Berangkat dari kesadaran bahwa menulis kritis merupakan fondasi penting dalam dunia akademik, buku ini menguraikan konsep, hakikat, hingga prosedur pembelajaran menulis kritis secara sistematis dan mudah dipahami.
Pada Bab I, pembaca diperkenalkan dengan dasar-dasar menulis kritis, mencakup arti penting, keterampilan yang perlu dikuasai, serta prosedur pembelajaran yang efektif. Bab II mengupas pendekatan literasi kritis sebagai kerangka teoritis sekaligus praktis untuk melatih mahasiswa berpikir analitis, reflektif, dan argumentatif melalui tulisan.
Selanjutnya, Bab III berfokus pada keterampilan menulis esai kritis mahasiswa, mulai dari memahami karakteristik esai akademik, penerapan pendekatan kritis, hingga langkah-langkah sistematis untuk menghasilkan esai yang kuat secara argumentatif.
Puncaknya, Bab IV menyajikan panduan khusus dalam menulis artikel ilmiah bermuatan medis. Bagian ini mengarahkan mahasiswa agar mampu merumuskan ide, menyusun kerangka, dan menuangkan gagasan dalam format ilmiah yang sesuai dengan standar akademik, namun tetap responsif terhadap isu-isu kesehatan dan medis yang aktual.
Dengan pendekatan konseptual dan praktis, buku ini diharapkan tidak hanya menjadi rujukan akademik, tetapi juga sarana pengembangan kemampuan mahasiswa dalam menulis secara kritis, ilmiah, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.